Sabtu, 27 Maret 2010

Be My Sweet Darling


1. IDENTITAS BUKU
• JUDUL BUKU : BE MY SWEET DARLING
• PENULIS : QUEEN SORAYA
• PENERBIT : PT. GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA
JAKARTA
• CETAKAN : TAHUN 2009
• TEBAL : 232 HALAMAN
• HARGA : Rp 30.000,-

2. RINGKASAN BUKU
Marsha memiliki 2 sahabat dekat bernama Raya dan Tata. Sekilas membahas, Marsha dan Tata sekelas dan mereka juga sama – sama masuk di jurusan IPA, sedangkan Tata beda kelas dia masuk jurusan IPS, namun biar begitu hubungan persahabatan mereka sangat dekat. Marsha mempunyai pacar bernama Ega, Cowok tinggi, berambut cepak, wajah tak diragukan lagi ketampanannya. Ega, kakak kelas Marsha di SMA, sejak SMA mereka berpacaran. namun disaat Ega lulus, Ega harus memutuskan untuk berkuliah di Den Haag, Belanda. Bisa dikatakan mereka pacaran jarak jauh. Marsha selalu percaya pada Ega, walaupun banyak sekali gossip miring tentang Ega yang selingkuh sana – sini. Sampai suatu ketika Marsha melihat dengan mata kepalanya sendiri bahwa Ega sedang berdua-duaan bahkan bermesra-mesraan di sebuah Café, Green House Café, bersama seseorang yang sangat tidak asing bagi Marsha, yaitu Raya. Raya sahabat Marsha sendiri. Bingung, sakit hati, marah, benci, berkecamuk dalam hati Marsha terhadap mereka berdua. Sejak kapan Ega kembali ke Jakarta? Kenapa dia malah menemui Raya? Kenapa mereka harus bermesra-mesraan seperti itu? Ada apa ini? Dari situlah hubungan Marsha dan Ega hancur, putus. Dan sejak itu pula Raya bukan lagi diakui sebagai sahabatnya melainkan seorang PENGKHIANAT.
Disaat perasaan hatinya sedang kacau, hanya Tata lah sahabat Marsha yang dijadikan sahabat curhatnya, Tata sempat tidak mempercayai apa yg dikatakan Marsha tentang hubungan Raya dengan Ega. Tata pun ikut menjauhi Raya. Disaat itu juga hadir sosok cowok idola di SMA nya, siswa baru pindahan, Ega kalah jauh darinya, namanaya Bima. Namun karena patah hati dengan Ega, Marsha pun jadi benci sama semua cowok, tak terkecuali Bima. Tak urung mereka berantem, saling emosi kalau ketemu, tak pernah ada yang mau kalah. Marsha yang benci dan muak banget sama yang namanya cowok, dan Bima yang tidak terima selalu dicaci maki oleh Marsha dan selalu dipanggil dengan julukan “idiot” oleh Marsha setiap mereka bertemu.
Mama Marsha butuh uang, semenjak papa Marha meninggal dunia, keuangan keluarga Marsha tidak seperti dulu lagi. Akhirnya Mama marsha berniat membuat lantai atas rumahnya sebagai tempat kosan. Dengan berat hati kamar Marsha dipindah di lantai bawah.
Ada anak kos baru dirumah Marsha. Hmm…semoga dia bisa membawa kebaikan dirumah Marsha. Yang paling penting sih, uang kosnya bisa digunain Mama buat bayar utang ke Ibu Rosa, temen kerja Mama Marsha, dan juga untuk mencukupi kebutuhan keluarga mereka. Sebelumnya mama dan Marsha sudah membuat perjanjian bahwa dikosan rumah mereka ini mereka memberikan service makan gratis, service mencuci dan menyetrika pakaian gratis, sewaktu Mama Marsha pergi, Marsha lah yang harus memberikan service tersebut.
Namun begitu kagetnya ketika Marsha tau siapa ternyata yang jadi anak kos di rumahnya itu. BIMA (cowok yang diberi julukan “idiot oleh Marsha). APA???? COWOK BRENGSEK ITU!!!! DAN SESUAI PERJANJIAN KONTRAK, MARSHA MESTI NYUCIIN BAJU SI IDIOT ITU???!!!! OH MY GOD..
Tapi karena mereka sering bersama, walau selalu bertengkar, perasaan itu dating dihati mereka tanpa bisa dicegah lagi.. Ya, Marsha diam-diam menyukai Bima tapi dia jaim karna takut ditertawakan Bima nantinya. Padahal begitu sebaliknya Bima, diam-diam dia pun mengagumi Marsha. Suatu ketika Bima dijemput orang tuanya untuk pindah ke Surabaya untuk meneruskan sekolah disana. Semenjak Bima pergi, hati Marsha sakit, dia belum mengungkapkan apa yang sebenarnya dia rasakan, Bima terlanjur pergi, ya.. dia terlambat.
Setahun kemudian,
marsha ditelpon mamanya untuk cepat2 pulang dan disuruh cepat-cepat ke halte bus tidak jauh dari rumahnya untuk menjemput seseorang yang mau ngekos dirumahnya lagi. Anak kos baru, dalam hati Marsha semoga dengan ini dia bisa melupakan perasaannya terhadap Bima. Ketika sampai di halte, hanya ada satu orang disana sedang duduk disana. Ketika marsha menyapa orang tersebut, alangkah kagetnya Marsha, ternyata BIMA. Dia hadir lagi dan dialah orang yang ingin ngekos kembali dirumah marsha. Di situ juga mereka saling mengungkapkan perasaan mereka masing-masing. Dan Marsha sudah sangat melupakan Ega, cowok brengsek, dan semua ini berkat Bima.

3. KELEBIHAN BUKU
Sangat menarik, menggunakan bahasa dan kata – kata yang layaknya dipakai sehari-hari jadi mudah dimengerti dan dibaca, remaja banget, lucu, suasana dan bahasa dibuat sederhana tapi tidak menutupi suasana yang membuat pembaca tertarik untuk membacanya .

4. MANFAAT YANG DIPEROLEH PEMBACA
Dapat dijadikan pelajaran bahwa tidak semua cowok itu Brengsek. Dan hidup bisa dijadikan pengalaman. Jika kita sedang patah hati sebenarnya Tuhan telah menunjukkan kepada kita jika ada sosok yang jauh lebih baik lagi. Tidak boleh jadi sosok yang lemah yang mudah benci dengan orang lain hanya Karena seseorang.