Rabu, 04 Januari 2012

TUGAS ETIKA PROFESI AKUNTANSI 3

1. Apa yang Anda ketahui tentang IAI? Jelaskan dengan singkat dan padat !

Jawab : Ikatan Akuntan Indonesia adalah organisasi profesi akuntan di Indonesia yang didirikan pada tanggal 23 Desember 1957 di Jakarta

2. Jelaskan 4 kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh sebuah profesi, berilah contohnya !

Jawab :

1. Kredibilitas : kualitas, kapabilitas atau kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan. Contoh: rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadikan ujian nasional (UN) 2012 sebagai salah satu syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN) merupakan penghargaan terhadap prestasi siswa. Menurutnya, kebijakan ini bisa mengangkat kredibilitas/kepercayaan UN.

2. Profesionalisme yaitu perilaku keahlian atau kualitas dari seseorang yang professional. Contoh : dalam perusahaan keluarga pendiri perusahaan keluarga tersebut harus dapat menyelaraskannya, antara kepentingan keluarga dan bisnis agar proses dalam perusahaan berjalan lancar dan harus berpegang pada norma bisnis bukan hanya pada tradisi keluarga.

3. Kualitas Jasa : mutu atau baik buruknya dari tindakan aktivitas ekonomi manusia yang di berikan kepada konsumen atau pihak yang membutuhkan. Contoh : sebuah perusahaan mampu untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan janji yang ditawarkan serta respon atau kesigapan karyawan dalam membantu pelanggan dan memberikan pelayanan yang cepat, tanggap dan kemampuan karyawan atas pengetahuan produk secara tepat, kualitas keramah-tamahan, perhatian dan kesopanan dalam memberi pelayanan, keterampilan dalam memberikan informasi, kemampuan dalam memberikan keamanan dalam manfaat jasa yang ditawarkan, dan kemampuan dalam menanamkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.

4. Kepercayaan : merupakan kunci untuk mempertahankan hubungan jangka panjang antara organisasi dengan konsumen. Contoh : Memasuki dua tahun masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Boediono, tingkat kepercayaan publik terus merosot. Bahkan, hasil survey terkini Lingkaran Survey Indonesia bulan ini, mencatat tingkat kepercayaan publik kini hanya tersisa 37,7 persen, karena pemerintahan terbelit skandal korupsi dan moral