Sabtu, 19 Desember 2009

Merumuskan Visi, Misi Berorientasi Nasabah

Visi, Misi, nilai - nilai dan motto mempunyai peran penting dalam menggerakkan pengurus dan pengelola (termasuk pegawai)untuk memberikan yang terbaik sesuai dengan harapn anggota dan nasabah KSP. Visi, misi, nilai - nilai dan motto akan membantu para pengelola dan petugas KSP yang bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan sesuai dengan standar yang diharapkan. oleh karena itu, idealnya suatu KSP merumuskan visi, misi, dan motto yang akan menjadi acuan dalam memberikan pelayanan jasa simpanan dan pinjaman kepada nasabah dan masyarakat.

Bagaimana merumuskan visi, misi, motto dan nila - nilai yang akan dikembangkan agar KSP benar - benar mampu memberikan layanan prima seperti yang diharapkan nasabah dan masyarakat? Bab ini akan memberikan petunjuk praktis bagaimana melakukan hal tersebut di KSP.

Merumuskan Visi yang strategik
Tuntutan nasabah dan kondisi persaingan yang semakin meningkat, masyarakat koperasi merumuskan visi sesuai dengan yang diinginkan dan diharapkan nasabahnya serta pemangku kepentingan yang lain. Bagaimana cara merumuskan visi? Menurut Kotler dan Amstrong (2006), sebaiknya dalam merumuskan visi memperhatikan unsur - unsur dibawah ini :
a. Berorientasi pasar
b. Terpecaya
c. Responsif
d. Inovatif