Rabu, 26 Oktober 2011

Tugas Etika Profesi 1

1. Berilah contoh pelanggaran etika dan sanksi hukum yang berlaku di Indonesia, minimal 3 !

· Tindakan seorang ayah dengan sengaja melakukan kekerasan memaksa anak melakukan persetubuhan dengannya, dengan cara berlanjut atau berulang – ulang, sebagaimana diatur dan diancam pidana menurut Pasal 81 ayat ( 1 )UU No.23Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak jo. Pasal 64 ayat ( 1 ) KUHP

Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 15 ( lima belas) tahun , dan denda sebesar Rp. 60.000.000 ( enam puluh juta rupiah ), subsidair 6 ( enam ) bulan kurungan dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan semantara dengan perintah terdakwa tetap ditahan. Dan Menetapkan agar kepada terdakwa dibebani membayar biaya perkara sebesar Rp. 5000 (lima ribu rupiah )

· Tindakan pencurian dengan kekerasan, pada pasal 365 tindakan tersebut memiliki hukuman yyang sangat berat karena pada kejadian dilakukan atau didahului dengan kekerasan terhadap orang entah itu berupa ancaman maupun perbuatan dan bilamana mengakibatkan terbunuhnya korban. Hukuman bagi pelaku tindak kejahatan ini adalah kurungan penjara selama-lamanya sembilan tahun sampai hukuman mati atau hukuman seumur hidup bilamana terjadinya atau terbunuhnya korban dan dilakukan secara bersama-sama

· Tindakan Korupsi yang merugikan keuangan negara, sanksi hukumnya adalah Pidana seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan denda paling sedikit Rp. 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp. 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) bagi setiap orang yang secara melawan hokum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara (Pasal 2 ayat (1))


2. Apa kelebihan dan kekurangan paham Eudemonisme bila diterapkan di era globalisasi?

· Kelemahan : Dalam zaman kita minat untuk pemikiran moralnya tidak berkurang. Sebaliknya kini justru terlihat minat baru untuk etikanya. Banyak pemikir yang sampai sekarang terlalu memfokuskan prinsip-prinsip dalam menilai masalah-masalah moral, menyadari bahwa keutamaan adalah perspektif penting juga yang tidak boleh diabaikan, biarpun ada keterbatasannya.

· Kelebihan : membuat manusia menyadari bahwa untuk mencapai kebahagiaan harus dengan menjalankan secara paling baik kegiatan-kegiatan rasionalnya dan harus dilakukan sebagai suatu sikap tetap dengan disertai keutamaan.

3. Sebutkan etika khusus yang ada di masyarakat, minimal 5 !

  • · Sikap terhadap sesama;
  • · Etika keluarga
  • · * Etika profesi misalnya etika untuk pustakawan, arsiparis, dokumentalis, pialang informasi
  • · Etika politik
  • · Etika lingkungan hidupserta

Tidak ada komentar: